Deskripsi Kelas

Kelas Membuat UI Aplikasi Android pada Kodular akan membahas cara membuat tampilan antarmuka pengguna (user interface/UI) pada aplikasi Android menggunakan Kodular, sebuah platform pembuatan aplikasi visual yang memungkinkan Anda membuat aplikasi Android tanpa harus menulis kode.


Di kelas ini kamu akan belajar mengenai cara menambahkan Komponen UI seperti tombol, teks, gambar, dan lainnya pada tampilan aplikasi sampai dengan menggunakan icon library seperti FontAwesome, menerapkan Desain Responsif pada aplikasi kamu agar tampilan dapat menyesuaikan ukuran layar perangkat yang berbeda, menerapkan animasi pada aplikasi kamu untuk membuatnya lebih interaktif, terakhir kamu akan belajar juga mengenai cara menghubungkan menghubungkan komponen UI dengan kode pada aplikasi kamu menggunakan bahasa block programming.


Setelah menyelesaikan kelas ini, kamu akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat tampilan antarmuka pengguna (UI) pada aplikasi Android menggunakan Kodular. Kamu juga akan belajar bagaimana menerapkan desain responsif, membuat navigasi, menerapkan animasi, menghubungkan komponen UI dengan kode, dan menambahkan fitur tambahan pada aplikasi kamu.


Dengan pengetahuan ini, kamu dapat membuat aplikasi Android yang interaktif dan menarik untuk pengguna kamu tanpa harus memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam.

Yang Akan Dipelajari

Menambahkan Komponen UI

Menerapkan Animasi pada aplikasi untuk membuatnya lebih interaktif

Menerapkan Desain Responsif agar tampilan dapat menyesuaikan ukuran layar perangkat yang berbeda

Menghubungkan komponen UI dengan kode pada aplikasi menggunakan bahasa pemrograman blok

Kurikulum Kelas

3 Topik • 18 Materi
Memulai Desain
11 Materi
Pembukaan
Menyiapkan Proyek dan Companion
Menggunakan Font Awesome
Mengenal Bagian-bagian dari Kodular
Memulai Membuat Layout
Tampilan Header Energy Consumption
Mengatur Tampilan kWh
Memperbaiki Tampilan Energy Consumption
Membuat Card Control
Memperbaiki Tampilan Card Control
Duplicate Card
Membangun Interaktivitas
2 Materi
Interaktivitas Switch
Interaktivitas Menggunakan Card
Studi Kasus Kedua
5 Materi
Persiapan
Membuat Layout Awal
Membuat Card Control
Mengatur Card kedua dan Corner Radius
Menyelesaikan Desain

Instruktur

image
Nusabot ID
18 Kelas Diterbitkan

Nusabot adalah platform IoT yang akan membantu peserta belajar tentang cara menggunakan dan membuat aplikasi IoT. Memberikan pengenalan tentang IoT dan cara kerjanya, serta memberikan latihan praktis untuk membuat aplikasi IoT sederhana tepat guna. Selain itu, Nusabot akan memberikan penjelasan tentang cara menggunakan teknologi yang digunakan dalam IoT, seperti sensor, perangkat keras, dan perangkat lunak. Nusabot juga akan memberikan tips dan trik untuk meningkatkan efektivitas aplikasi IoT yang dibuat.