Halo teman-teman balik lagi nih di blog Nusabot yang pastinya up to date tentang berbagai pembahasan seputar dunia IoT untuk para pemula, seperti biasa kita akan mengulik dan mengupas tuntas suatu topik dunia IoT. Pembahasan kita kali ini adalah “ jenis- jenis sensor yang dipakai dalam dunia IoT ”teman-teman penasaran bukan tentang pembahasan kita kali ini so stay tune di blog Nusabot yah dan baca sampai habis agar teman-teman bisa dapat info menarik lainnya mengenai dunia IoT !


Apa sebenarnya sensor itu bagaimana bentuknya dan apa saja jenisnya ? pasti akan selalu ada pertanyaan seperti ini apalagi bagi teman-teman yang baru mengenal dunia IoT dan elektronika maka dari itu Nusabot akan menjelaskan secara lengkap mengenai pertanyaan teman-teman. Sensor adalah piranti yang ditujukan untuk mendeteksi keberadaan suatu perubahan yang ada dan memberikan tanggapan berupa keluaran, umumnya berupa isyarat listrik contohnya seperti sensor suhu yang akan memberikan keluaran perubahan suhu dalam bentuk celcius.


Nah setelah teman-teman tahu mengenai definisi singkat sensor, sesuai judul kita juga akan membahas jenis-jenis sensor tersebut itu apa aja sih ? dan inilah dia beberapa jenis sensor yang sudah Nusabot rangkum untuk teman-teman semua :


Sensor Biometrik

Sensor biometrik adalah segala sensor yang terkait dengan identifikasi seseorang melalui segala parameter yang melekat di tubuh. Contohnya yaitu sensor sidik jari (fingerprint reader) dan retina.


Sensor Gerakan

Sensor Gerakan adalah sensor yang mendeteksi perubahan pergerakan fisik. Contohnya PIR (passive Infra Red) . Penggunaannya seperti untuk membuka pintu ketika seseorang berada di depan pintu atau biasa disebut pintu otomatis.


Sensor Listrik

Sensor Listrik adalah sensor yang ditujukan untuk menghasilkan informasi tentang sistem kelistrikan sebagai contoh sensor arus yang digunakan mengukur arus melalui suatu titik dalam rangkaian.


Sensor Cahaya

Sensor Cahaya adalah segala sensor yang memberikan informasi mengenai karakteristik cahaya. Contoh umumnya yaitu fotoresistor atau biasa disebut LDR (Light Dependent Resistor) yang dapat mengukur intensitas cahaya secara relatif.


Sensor Lokasi

Sensor Lokasi adalah sensor yang dapat memberikan informasi lokasi secara geografis. Sebagai contoh GPS receiver dapat memberikan informasi tentang letak lintang dan bujur.


Sensor Lingkungan

Sensor Lingkungan adalah sensor yang memberikan informasi berupa cuaca atau lingkungan kita. Contohnya adalah sensor kelembaban udara dan sensor suhu.


Sensor Mekanik

Sensor Mekanik adalah sensor yang berhubungan dengan pengukur mekanisme dan alat-alat mekanis. Sebagai contohnya yaitu Sensor Flex, Flexi Force, Timbangan Digital.

 

Sensor Pemindai

Sensor Pemindai adalah sensor yang bekerja atas dasar pindaian, RFID Reader dan Barcode Reader adalah contohnya.


Sensor Suara

Sensor Suara adalah sensor yang berhubungan dengan suara, contohnya adalah mikrofon yang mengubah suara menjadi isyarat listrik


Sensor Jarak

Sensor Jarak adalah sensor yang berguna untuk mengukur jarak suatu objek atau mendeteksi halangan di depan suatu objek.

Itu dia pembahasan mengenai jenis-jenis sensor, jelajahi pembahasan seru mengenai dunia IoT lainya di Nusabot dan oh iya buat kamu yang masih copy paste gak paham kode program gak paham IoT, Nusabot memberikan kursus paling murah se-Indonesia cek sekarang di https://nusabot.id


Postingan Terkait